Kaburnya Terpidana Mati Kasus Narkoba dari Lapas Tangerang Mesti Jadi Pelajaran

Jakarta – Komisi III DPR RI akan melakukan kunjungan spesifik ke Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu (23/9/2020). Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry menyikapi kaburnya WN China yang menjadi narapidana atas kasus narkoba dari lapas tersebut beberapa waktu lalu.

“Dari informasi yang saya terima, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan telah membentuk tim investigasi gabungan bersama Inspektorat Jenderal Kemenkumham serta Kanwil Kemenkumham Banten. Tentu saya dan kami dari Komisi III DPR RI berharap segera ditemukan jawaban atas kaburnya warga binaan tersebut,” kata Herman kepada wartawan, Senin (21/9/2020).

“Maka dari itu, sebagai bagian dari pengawasan, Komisi III rencananya akan melakukan kunjungan spesifik ke Lapas Kelas I Tangerang pada Hari Rabu ini untuk mendapat informasi yang lebih detail mengenai pelarian warga binaan serta upaya-upaya perbaikan yang telah dilakukan,” ucap politikus PDI Perjuangan yang akrab disapa HH tersebut.

Herman juga meminta investigasi yang dilakukan menjawab soal dugaan keterlibatan petugas lapas dalam pelarian tersebut.

“Saya dan kita semua tentu menyayangkan kejadian ini. Hanya, saya berharap publik tidak menyampaikan dugaan-dugaan tanpa bukti. Biarkan penyelidikan berjalan lebih dulu sampai didapat informasi yang seterang-terangnya,” tutur Herman.

“Tetapi, bila memang hasil investigasi membuktikan bahwa ada keterlibatan orang dalam, harus diambil tindakan tegas. Selain itu, harus juga bisa diungkap koronologi pelarian warga binaan tersebut untuk dilakukan perbaikan demi mencegah terulangnya kejadian serupa,” ucap politikus asal Ende, Nusa Tenggara Timur, ini.

Sebagaimana diketahui, seorang WN China yang menjadi terpidana mati kasus narkoba bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan kabur dari Lapas Tangerang pada 14 September dini hari. Napi tersebut berhasil melarikan diri setelah membuat lubang dari kamar selnya dan tembus ke saluran air.

Adapun Direktorat Jenderal Pemasyarakatan telah bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk memburu Cai Changpan.

“Dirjen Pemasyarakatan harus terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk segera menemukan narapidana yang kabur tersebut. Negara tidak boleh kalah dengan seorang narapidana seperti ini,” tutur Herman.

“Komisi III berharap kasus ini betul-betul menjadi pelajaran bagi pihak lapas maupun Dirjen Pemasyarakatan secara keseluruhan,” katanya.

Read More

Berani Tegas Memimpin

Berani Tegas Memimpin

 
 
00:00 / 1:21
 
1X
 
Read More